Jelajah Museum TB Silalahi Center Balige

Jelajah Museum TB Silalahi Center Balige
gerbang masuk museum t.b. silalahi center / doc. blog batak




Jika kamu berkunjung ke Sumatera Utara maka sempatkan diri untuk mampir ke Toba Samosir. Toba Samosir – sebuah kabupaten – yang tidak hanya menyuguhkan danau toba yang indah tetapi juga banyak sejarah menarik. Pun kamu yang telah berdomisili di provinsi Sumatera Utara wajib untuk menjelajahi beragam tempat menarik di kota kamu. Agar kenal lebih dekat! Semakin mengenal tentulah semakin sayang, bukan?

Salah satu cara untuk mengenal salah satu kebudayaan dan suku yang ada di Sumatera Utara adalah dengan mengunjungi Museum T.B. Silalahi Center. Museum tersebut adalah museum pribadi yang diprakarsai oleh Dr. T. B. Silalahi. Museum ini memang inisiasi pribadi yang pastinya mengenalkan sosok seorang T. B. Silalahi. Namun, tak hanya itu saja, kamu pun dapat mengenal budaya Batak lebih jauh lagi! Penasaran dengan museum ini? Mari kita jelajah Museum T.B. Silalahi Center sekarang juga.

Sejarah Berdiri Museum Pribadi TB Silalahi Center

Sebagaimana sempat disinggung, museum Batak ini merupakan inisiatif dari salah satu orang Batak yang telah sukses dan cocok dijadikan panutan oleh generasi sekarang. T. B. Silalahi membangun sebuah wadah yang digunakan untuk memotivasi para anak muda maupun kaum tua untuk melihat pengalaman dan sejarah hidup seorang mantan anggota TNI. Letjen TNI (Purn) Dr. Tiopan Bernhard Silalahi adalah salah satu tokoh Batak yang dikenal oleh masyarakat. Museum tersebut dibangun di bawah yayasan sang purnawirawan. Berawal dari seorang anak dari pengembala kerbau kini T. B. Silalahi menjadi jenderal!

Perjalanan tersebutlah yang ingin ditunjukkan oleh T. B. Silalahi bagi generasi kini. Maka tak heran apabila di Museum T.B. Silalahi Center tersebut, kamu akan menemukan satu ruangan yang menampilkan beragam koleksi pribadi milik T. B. Silalahi. Makin penasaran? Yuk, mari kita jelajah lebih jauh Museum T.B. Silalahi Center tersebut.

Sebagai informasi, Museum T.B. Silalahi Center didirikan pad tanggal 7 Agustus 2006 dan kemudian diresmikan hampir dua tahun setelahnya, tepatnya 17 April 2008. Tujuan museum ini dibangun adalah untuk memelihara, mengembangkan serta meneliti kebudayaa Batak. Ditambah menampilkan sejarah perjalanan inisiator salah satu tokoh Batak yang juga inisiator museum ini, T. B. Silalahi.

Jelajah Museum yang Tak Hanya Tampilkan Koleksi Pribadi TB Silalahi

Meski dikategorikan sebagai museum pribadi, museum ini tidak hanya menampilkan sejarah kehidupan seorang T. B. Silalahi saja tetapi juga budaya Batak. Bahkan, beragam koleksi budaya Batak tersebut tidak hanya budaya Batak Toba saja. Perlu dicatat bahwa Batak memiliki sub-kategori lagi. Jadi, bukan hanya suku Batak Toba saja.

Nah, mari kita lihat satu per satu apa saja yang ada di Museum T.B. Silalahi Center. Gedung museum ini didesain modern yang terdiri dari tiga lantai. Meski modern, kamu akan banyak menemukan beragam ukiran khas Batak. Berikut bagian-bagian yang ada di museum tersebut:

  • Museum Batak Balige
Baca juga :  Pesona Pulau Samosir ~ Pulau Dalam Pulau

Yap! Museum Batak adlah salah satu bangunan utama yang ada di T.B. Silalahi Centre. Ketika kamu memasuki kawasan tersebut, kamu akan disambut oleh gapura dengan hiasan berupa artefak kuno khas suku Batak.

Ada apa saja di Museum Batak? Di sini kamu dapat melihat sejarah peninggalan Batak, yaitu Batak Toba, Karo, Simalungun, Mandailing dan Angkola serta Pakpak. Ada beragam benda-benda bersejarah seperti pakaian, senjata dan miniatur rumah Batak. Semua bendar bersejarah tersebut ditampilkan berdasarkan keenam suku Batak. Kemudian, kamu pun dapat menyaksikan beragam nasehat dari leluhur Batak.

  • Huta Batak

Oh ya, miniatur rumah Batak tersebut bahkan disusun menyerupai miniatur desa Batak zaman dulu. Keren! Beberapa komponen paling penting yang ada di perkampungan Batak atau Huta Batak tersebut, antara lain: kuburan batu, hariara, pohon bambu dan ulubalang. Tak ketinggalan, tiruan patung Gale-Gale yaitu patung anak lelaki yang menarikan tarian tor-tor Batak juga dipajang di antara semua miniatur lainnya.

Huta Batak TB Silalahi Center

doc @blog batak. Patung Sigale gale yang terletak didalam area huta batak.

 

  • Museum Jejak Langkah dan Sejarah T. B. Silalahi

Kemudian kamu pun menjejakkan langkah ke area Museum Jejak Langkah dan Sejarah T. B. Silalahi untuk melihat histori seorang T. B. Silalahi. Di ruangan tersebut, kamu dapat melihat perjalanan hidup dan beragam koleksi pribadi T. B. Silalahi. Terdapat patung T. B. Silalahi yang mengenakan seragam militer didampingi oleh helikopter tua, tank perang serta patung macan.

Lalu, langkahkan kaki untuk melihat perjalanan kehidupan T. B. Silalahi sedari kecil sampai dewasa. Tak hanya menampilkan barang-barang T. B. Silalahi ketika menjadi jenderal saja, beberapa foto keluarga juga ditampilkan.

Jadi, total koleksi utama yang ada di museum tersebut cukup banyak. Koleksi di Museum Batak sendiri mencapai 1010 macam, kemudian koleksi pribadi dari Museum Pribadi mencapai 2648 koleksi. Belum lagi, beberapa koleksi outdoor!

Selain ketiga bagian yang sudah disebutkan, terdapat Gallery & Souvenir Shop atau toko souvenir, convention hall dan tempat beristirahat di cafetaria. Jadi, setelah lelah mengelilingi museum yang memang luasnya cukup besar ini – kamu bisa istirahat sejenak sembari berbelanja.

Dimana Alamat Museum T.B. Silalahi Center?

Alamat Museum T.B. Silalahi Center adlaah di Jalan Pagar Batu no. 88, Silalahi, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.

Salah satu yang paling menarik dari kawasan museum adalah kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Toba dari lantai dua dan tiga gedung museum! Jadi, museum tidak monoton tetapi penuh warna.

 

 

View dari TB Silalahi Center

Salah satu view yang dapat kita nikmati dari dalam museum TB Silalahi Center. dok blog batak.




 

Untuk kamu yang pertama kali ke Museum T. B. Silalahi – perlu diketahui – kawasan museum masih berjarak sekitar 300 meter dari jalan utama. Jadi, perlu kendaraan pribadi untuk mencapai museum tersebut. Atau, kamu bisa gunakan akomodasi yang disediakan oleh Hotel Tiara Bunga yang ada di Tuktuk, Desa Tarabunga, di Tampahan-Balige.

Sementara itu, kamu yang berasal dari kota Medan – butuh waktu tempuh sekitar 6-7 jam mencapai tempat tersebut. Kamu dapat menempuh jalan darat atau gunakan jalur udara ke Bandara Silangit yang ada di Tapanuli Utara. Begitu juga dengan kamu yang berada di luar Provinsi Sumatera Utara dapat mencapai Bandara Silangit apabila memang tersedia pesawat terbang dari kota kamu.

Dari Bandara Silangit, sila gunakan kendaraan melalui jalur darat ke Desa Soposurung Balige. Lokasi kawasan museum terletak dekat Makam Raja Sisingamangaraja XXI. Dari lokasi tersebut, kamu akan melihat ladang jagung dan beberapa rumah tradisional yang akan mewarnai perjalanan kamu menuju museum.

Kesimpulannya, kamu wajib berkunjung ke Museum T.B. Silalahi Center! Ada banyak pemandangan dan beragam ‘sajian’ menarik yang akan kamu saksikan. Mulai dari pemandangan daerah Toba-Balige yang masih asri, perjalanan ke kawasan museum yang tradisional, kemudian beragam sejarah Batak di museum serta motivasi dari T. B. Silalahi. Lalu, pemandangan Danau Toba yang jelas dapat memanjakan mata ketika berkeliling kawasan museum. Ah! Tak sabar untuk jelajah Museum T.B. Silalahi Center! Ajak teman dan keluarga.

Selamat berlibur dan sejenak menengok sejarah masa lalu!

This slideshow requires JavaScript.

 

 




Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Komentar Yang Masuk

Leave a Reply

Loading Facebook Comments ...