5 Sifat Orang Batak yang Paling Khas

5 Sifat Orang Batak yang Paling Khas
image dari jurnalsikaroh.blogspot.co.id




 

Ketika berkenalan ataupun dengar kata “Batak”, apa yang langsung terbersit dalam benak kamu? Seseorang yang bersuara tinggi? Cara bicara yang agak kasar? Atau, seseorang yang pintar bernyanyi? Ya, memang sebagian besar ciri khas tersebut melekat pada suku Batak, khususnya Batak Toba. Memang kita tidak bisa menggeneralisasi semua orang Batak memiliki sifat yang keras dan memiliki kemampuan bernyanyi yang baik. Ada, kok, yang suaranya false juga. Hehe. Akan tetapi, tak dipungkiri pula bahwa sebagian besar orang Batak pastilah punya ciri khas tersendiri – seperti halnya suku-suku lainnya.

Nah, penasaran apa saja sifat orang Batak yang paling khas dan dikenal oleh orang lain? Yuk, mari kita lihat daftar berikut.

Daftar Sifat Orang Batak yang Paling Melekat

  1. Ceplas-ceplos

Ya, kebanyakan orang Batak memang punya sifat cukup keras dan bahkan ceplas-ceplos ketika bicara. Bagi mereka yang tidak biasa dengar nada bicara yang tinggi dan terkesan kasar mungkin akan terkejut ketika mendengar dua atau lebih orang Batak yang sedang bercengkrama. Bahkan, tak jarang yang bicara kasar dengan beberapa ucapan  yang sedikit tidak sopan. Akan tetapi, dalam percakapan orang Batak – hal tersebut sebenarnya biasa saja. Orang lain mungkin mengira mereka sedang bertengkar padahal sebenarnya tidak. Justru mereka sangat akrab.

Memang tidak semua orang Batak punya cara bicara yang kasar. Tergantung pada daerah asal mereka juga. Orang Batak yang besar di daerah Bandung misalnya pastilah akan lebih halus dalam berucap karena kebudayaan di sana yang membentuk orang Batak tersebut. Hehe.

  1. Suka mendominasi

Satu karakter yang cukup khas dari orang Batak adalah sifat mereka yang suka mendominasi – baik ketika mengobrol ataupun dalam kegiatan lainnya. Coba deh untuk ikuti beberapa acara debat yang di dalamnya ada orang Batak. Atau, dalam obrolan biasa saja. Biasanya orang Batak cukup mendominasi dan selalu menyatakan pendapat mereka dengan percaya diri. Meski demikian, tetap ada juga, kok, orang Batak yang suka mendengar meski mereka mendominasi percakapan juga.

  1. Percaya diri tinggi
Baca juga :  Cerita Dibalik Ombus Ombus No.1 Siborongborong

Telah disinggung sebelumnya bahwa orang Batak punya karakter yang suka mendominasi. Nah, hal ini tentu tak lepas dari sifat orang Batak yang memang memiliki kepercayaan diri tinggi. Mereka hampir selalu berani tampil! Tak selalu dikaitkan dengan tak tahu malu, ya. Akan tetapi, mereka memang selalu ingin tampil dan menjadi di depan. Hehe.

  1. Jujur

Sedikit berkaitan dengan cara bicara orang Batak yang ceplas-ceplos, orang Batak sering kali bicara dengan cara blak-blakan dan bahkan ‘terlalu jujur’ sehingga kadang kala orang lain tak suka kejujuran tersebut. Namun, memang, sudah menjadi satu prinsip dasar oleh orang Batak untuk bicara apa adanya. Bahkan, ketika ada masalah tertentu, orang Batak lebih memilih untuk membicarakan ketidaksukaannya daripada memendam.

Memang di satu sisi, kadang kala kejujuran seperti itu terlihat seperti tidak sopan. Namun, prinsip dasar tersebut dipegang oleh orang Batak.

  1. Suka tantangan

Nah, ini dia satu sifat orang Batak yang paling khas! Suka tantangan dan mencoba hal baru. Makanya tak heran kita sering melihat orang Batak dimana-mana – di daerah mana saja. Ini karena tipikal mereka yang memang sudah menjelajah atau sering kali disebut dengan istilah “merantau”. Prinsip orang Batak kebanyakan adalah tak lengkap hidup ini apabila tidak mencoba untuk pindah dan merasakan hidup di tempat baru.

Tak selalu harus menjadi ‘orang besar’. Kamu pasti pernah bertemu orang Batak yang coba merantau ke kota besar ataupun kota kecil sebagai tukang tambal ban, supir, kernet dan sebagainya. Ya, orang Batak suka tantangan – dari kalangan apa saja. Ini satu sifat yang cukup bagus dicontoh meski memang tak selalu, ya. Setiap orang pastilah punya pilihan hidup masing-masing.

Nah, kalau kamu adalah orang Batak – apakah kamu memiliki salah satu atau mungkin semua sifat di atas? Jika kamu bukan orang Batak, apa beberapa sifat lain yang pernah kamu temukan ketika berjumpa dengan orang Batak?

Yuk, sharing dan mengobrol di sini!




Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Komentar Yang Masuk

Leave a Reply

Loading Facebook Comments ...